Gelar Seni dan Anugerah 80 Tahun Saini KM 7 Oktober 2018

0
94

80THSAINIKM – Saini KM merupakan salah satu sosok yang tidak bisa dilupakan dalam sejarah pamajuan kebudayaan Indonesia. Budayawan humanis ini telah menjadi guru, motivator, menginspirasi banyak orang dan menulis naskah drama, puisi, cerita rakyat, novel, juga esai. Tahun 2018 ini, diusianya menginjak ke 80 tahun sangatlah layak mendapat penghormatan. Yakni sebuah penghargaan terhadap dedikasi dan karyanya yang sudah memberi banyak kontribusi bagi pemajuan kebudayaan di tanah air.

Sebagai penghormatan pada sosok penting tersebut, kami gelar Bulan 80th Saini KM, meliputi gelar kesenian karya Saini KM dan karya seniman lainnya. Beberapa kelompok seni dan seniman yang terlibat dalam kegiatan ini, dianranya: Teater Awal Bandung, Lena Guslina, IA ISBI Banten, Magican’s, Japa Ethnic Art (Oga Wilantara), Pantomim (Duo Mime), Jaipongan (Supukaba), Djaleuleu Percussion, Jetreng Jamret Milenia (Iik Setiawan), Monolog (Nur Rahmat SN-Teater Alit Jakarta), Musik Rusli Keleeng, Rigas Studio (Rosikin), Gondo Art Production, Longser Antar Pulau, Ega Robot Ethnic Percussion (Ega Robot), Datam Dance Company, Padepokan Daeng Udjo, Monolog (Teater Alibi), Baca Puisi (Yesmil Anwar), DMT (Cep Gorbachep), Ferry Curtis, Malire, Acil Bimbo, Jingga Buana, Putri Pamayang, Tisna Sanjaya, Joko Kurnaen, Toonel Bandung, Bandoengmooi, dan lainhya.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 24 September 2018 dengan menyuguhkan pertunjukan teater “Ben Go Tun’ karya Sani KM produksi Teater Awal Bandung. Lena Guslina pertunjukan tari “Sisipus” inspirasi puisi karya Saini KM, 4 Oktober 2018 di Wot Batu Dago dan Lomba Baca Puisi se Provinsi Banten, 4 Oktober 2018. Adapun gong kegiatan yang melibatkan sekitar 250 seniman dilaksanakan tanggal 7 Oktober 2018 di Gedung Sunan Ambu ISBI, Jalan Buah Batu 212 Bandung sekaligus pemberian pengadugrahan pada Saini KM dari ISBI Bandung dan Ikatan Alum ISBI Bandung.

Tema yang di usung adalah Saini KM: Guru, Humanis dan Inspirator. tema inipun mengingatkan bahwa Saini KM tidak semata melahirkan karya besar, dibalik itu ia juga seorang pendidik. Buah pikirannya banyak meinspirasi dan lewat tangannya terlahir seniman teater dan sastrawan besar yang sampai saat ini turut menghidupkan khazanah budaya Indonesia. Aura kesederhanaan terpancar dari sosok Saini KM menjadi suri tauladan bagi penggiat seni dan birokrat tempat ia mengabdi.

Ketua Tim Relawan 80 Tahun Saini KM

Hermana HMT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here