Mengenal Saini KM Melalui Polemik dengan Remy Sylado

0
111

80THSAINIKM – Saya mengenal Saini KM melalui polemiknya dengan Remy Sylado di majalah Aktuil tahun 70-an. Kemudian melalui kumpulan puisinya “Nyanyian Tanah Air”, dan cerita bersambungnya di harian Pikiran Rakyat “Puragabaya” saat saya masih kuliah Begitu juga cerita bersambungnya “Nani” dan carponnya dalam majalah Mangle yang banyak dipuji pengamat ” Tina Kahirupan Muh. Insan”. Dan¬†tentu saja sejumlah naskah dramanya seperti ” Pangeran Geusan Ulun”, “Serikat Kacamata Hitam” , “Egon”, dll.

Lebih dekat mengenal Kang Saini karena saya bersama beberapa tokoh lainnya – termasuk Kang Saini, mendirikan Forum Film Bandung (1987). Beberapa kali kang Saini menulis apresiasi film di buku terbitan FFB. Salah satu tulisannya tentang kritik film, dijadikan panduan bagi para pengamat FFB hingga saat ini.

Kang Saini adalah seorang guru yang melahirkan banyak seniman terkenal, termasuk para penyair yang berkembang setelah muncul dalam rubrik yang diasuhnya di harian Pikiran Rakyat “Pertemuan Kecil”.

Mungkin saya tidak terlalu dekat – dalam pengertian sebagai murid, mahasiwa, atau seniman yang berinteraksi aktif dengan Kang Saini, tapi saya selalu mengagumi karya-karyanya.*( Edy D Iskandar )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here